Cara Agar Perangkat Android Tidak Terkena Virus Malware


Sebagian besar virus malware berasal dari aplikasi yang kita install di ponsel dan beberapa file yang kita download dari internet. Kabar buruknya adalah pada saat ini telah banyak aplikasi berbahaya yang beredar.

Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa banyak aplikasi yang dipalsukan dan aplikasi palsu tersebut beredar di Google Play dan Internet. Aplikasi palsu dapat merusak sistem pada Android, setidaknya perangkat akan terkunci ketika Aplikasi sudah terinstall.

Hal tersebut tentu membuat pengguna Android was-was. Aplikasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat yang mempengaruhi kinerja ponsel bahkan membuat ponsel tidak berguna. Meskipun google telah berupaya untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut, namun tetap saja masih terdapat beberapa aplikasi yang berbahaya.

Berikut adalah beberapa cara pencegahan yang bisa Anda terapkan agar perangkat yang Anda miliki tidak terkena virus malware.

Cari tahu nama pengembang aplikasi

Sebelum menginstall aplikasi ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu siapa pengembang aplikasi tersebut. Misalnya Pokèmon Go dibuat oleh Niantic. Jika aplikasi yang akan Anda download dibuat oleh pengembang yang bukan semestinya maka Anda patut curiga terhadap aplikasi tersebut.

Anda bisa memanfaatkan mesin pencari google untuk mencari tahu siapa pengembang aplikasi yang akan Anda download. Pengembang aplikasi biasanya memiliki situs web yang berisi tentang aplikasi yang dibuatnya dan beberapa informasi pendukung.

Baca ulasan aplikasi

Aplikasi populer akan diulas oleh penggunanya. Periksa ulasan aplikasi yang akan Anda download, dengan membaca ulasan saja biasanya Anda akan segera mengetahui masalah apa saja yang ada pada aplikasi tersebut.

Tidak mendownload aplikasi dari internet / sumber yang tidak terpercaya

Pastikan Anda mendownload aplikasi hanya di penyedia aplikasi yang resmi seperti Google Play, hal ini untuk mengantisipasi adanya malware di aplikasi. Mesikipun di internet terdapat beberapa aplikasi yang bagus, namun tidak sedikit dari oknum di dunia maya yang sudah menyisipkan malware di aplikasi yang mereka sebarkan.

Pastikan OS perangkat Anda agar tetap up to date

OS terbaru akan senantiasa menyertakan pembaruan keamanan yang mampu untuk melindungi perangkat dari ancaman keamanan terbaru

Install aplikasi keamanan / antivirus

Jika di PC sudah banyak aplikasi yang berfungsi sebagai perangkat lunak keamanan yang melindungi PC dari virus dan malware yang berbahaya. Aplikasi keamanan tersebut yaitu antara lain Avast!, AVG, BitDefender dll. Kabar baiknya adalah aplikasi tersebut juga tersedia dalam versi mobile. Anda bisa mendownloadnya secara gratis di toko aplikasi resmi seperti google play, selain dalam versi gratis, aplikasi tersebut juga tersedia dalam versi premium yang tentu dilengkapi dengan fasilitas yang lebih canggih dari versi gratis.

Subscribe to receive free email updates: