Perbedaan Antara Kaya dan Miskin

Image okishiddik.wordpress.com

Suatu hari ada seorang ayah yang mengajak anaknya dalam perjalanan menuju suatu tempat dengan tujuan utama memperlihatkan kepada anaknya bagaimana kehidupan para petani yang miskin. Mereka menghabiskan beberapa hari di tempat tersebut dengan orang-orang yang mereka anggap miskin.

Setelah kembali dari perjalanan, sang ayah pun mulai bertanya kepada anaknya..

"Ayah : bagaimana perjalanan itu nak ?"

"Anak : itu bagus yah..

"Ayah : hmm ya, apakah kamu mengeti bagaimana orang miskin hidup ?"

"Anak : ya tentu !!

"Ayah : coba ceritakan apa yang kamu pelajari dari kehidupan mereka ?"

Anak Menjawab :

"Aku melihat bahwa kita punya satu anjing, mereka punya empat. kita punya kolam renang yang luas dan mereka memiliki telaga yang tidak ada batasnya. kita memiliki banyak lampu hiasan di atap rumah kita sedangkan mereka memiliki bintang yang menghiasi malam mereka. halaman ada di depan dan belakang rumah kita dan mereka memiliki bukit dan ladang di kaki gunung. kita memiliki pembantu di rumah dan mereka melayani dan memberikan kehidupan kepada orang banyak dengan yang mereka kerjakan, kita memiliki dinding rumah yang kokoh untuk melindungi kita tapi mereka memiliki banyak teman untuk melindungi mereka."

"Ayah pun terdiam mendengar cerita yang diucapkan anaknya itu dan mulai sadar kekayaan yang dimilikinya tidak ada apa-apanya di banding kebahagiaan dan kesederhanaan yang dimiliki para petani itu."

Subscribe to receive free email updates: