Apa Pengguna Mulai Jenuh Dengan Twitter ?


Beberapa waktu lalu twitter mengumumkan akan mem-PHK ratusan karyawannya, hal ini tidak lain dikarenakan jumlah pengguna twitter yang mulai melambat, tentu hal ini berdampak pada keberlangsungan perusahaan dan membuat para pemegang saham ketar-ketir.

Kembali pada topik utama yaitu apakah pengguna twitter mulai jenuh ? Untuk menjawabnya perlu pembuktian terlebih dahulu, namun kita bisa mengamatinya dari pertumbuhan twitter yang mulai melambat dan para pengguna yang mulai meninggalkan twitter. 

Sekarang pertanyaannya adalah kenapa para pengguna ini meninggalkan twitter ? Coba kita lihat beberapa tahun ke belakang ketika twitter mulai booming, banyak orang yang menggunakan twitter karena keunikannya, dengan sistem follow, mention, hastag dsb, twitter berhasil menjadi pembeda dari jejaring sosial yang lain. Namun pada saat ini sistem follow tersebut bisa membuat para penggunanya bosan, mungkin hal ini tidak terjadi kepada pengguna yang memiliki followers dengan jumlah yang banyak, namun bagaimana dengan pengguna twitter yang memiliki jumlah followers sedikit, tentu saja hal ini memberikan efek psikologi tersendiri pada pengguna dengan jumlah followers sedikit dan membuat mereka meninggalkan twitter. Belum lagi komunikasi yang ada di twitter lebih cenderung kepada satu arah, dikarenakan twitter yang menggunakan sistem follow, berbeda dengan facebook yang menggunakan sistem perteman, karenanya komunikasi yang terjadi di facebook menjadi dua arah dan lebih hidup.

Dikarenakan twitter menggunakan sistem follow maka pada saat ini twitter lebih cocok digunakan oleh public figur, perusahaan, ataupun lainnya yang memang perlu memberikan informasi tertentu pada masyarakat. Kembali pada pertanyaan apakah twitter mulai ditinggalkan ? Entahlah, hanya team twitter sendiri yang bisa memastikannya, kita tunggu saja langkah apa yang akan dilakukan twitter untuk mensiasati perlambatan jumlah pengguna yang terjadi pada saat ini. 

Meskipun demikian, pada saat ini twitter masih menjadi salah satu jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Subscribe to receive free email updates: