Beberapa Penyebab Komputer Menjadi Lambat


Penyebab komputer menjadi lambat - Pada saat ini komputer bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat modern, karena memang fungsinya untuk mempermudah pekerjaan manusia, namun apa jadinya jika komputer yang kita gunakan bekerja lambat, tentu akan membuat penggunanya jengkel bukan. Oleh karena itu ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini jika komputer yang anda gunakan bekerja lambat.

Penyebab Komputer Menjadi Lambat

1. Memori terlalu kecil

Memori (RAM) berfungsi sebagai penyimpanan data sementara pada komputer, selain itu memori pada komputer juga bisa menentukan cepat atau lambatnya kerja suatu komputer. Maka dari itu jika memori komputer anda terlalu kecil ada baiknya anda mengganti atau menambahkan memori komputer anda dengan ukuran yang lebih besar.

2. Harddisk Penuh

Harddisk terlalu penuh akan sangat berpengaruh sekali pada cara kerja komputer anda, jika memang harddisk komputer anda sudah penuh maka ada baiknya anda menghapus data-data yang tidak terlalu penting pada komputer anda atau menambah harddisk dengan ukuran yang lebih besar.

3. Terdapat aplikasi dengan ukuran besar

Apakah komputer anda terdapat aplikasi dengan ukuran besar, seperti Ms.Office 2013, PES, Aplikasi Pemrograman atau aplikasi lainnya dengan ukuran yang besar. Aplikasi tersebut biasanya menyebabkan komputer menjadi lambat jika memang komputer yang digunakan spesifikasinya tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh aplikasi berukuran besar tersebut. Oleh karena itu ada baiknya anda meng-uninstall aplikasi tersebut jika komputer yang anda gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan.

4. Terdapat banyak virus

Salah satu masalah yang belum terpecahkan hingga saat ini yaitu virus, mungkin sampai kapanpun tidak akan terpecahkan. Yang bisa kita lakukan adalah mencegah bagaimana caranya virus tersebut tidak sampai menjangkit pada komputer yang kita gunakan. Yaitu dengan tidak sembarangan memasukan flashdisk pada komputer kita dan tidak mendownload file sembarangan di internet. Jika memang sudah terlanjur terjangkit virus, anda bisa menghapus virus tersebut dengan menggunakan antivirus yang sudah banyak digunakan seperti, smadav, avast, McAfee, eset, dsb. Anda bisa mendownload di situs resminya, tinggal di search di google.

5. Sistem operasi sudah terlalu lama

Salah satu bagian terpenting pada sebuah komputer tidak lain adalah sistem operasinya, ini bisa dibilang seperti rohnya komputer. Namun apa jadinya jika sistem operasi suatu komputer sudah terlalu lama, bisa dipastikan komputer bekerja tidak pada semestinya dan sudah terdapat banyak virus. Oleh karena itu jika sistem operasi di komputer yang anda gunakan sudah terlalu lama ada baiknya untuk menginstall ulang sistem operasinya, untuk mengembalikan performa komputer anda seperti semula.

Subscribe to receive free email updates: