Studi Menemukan Berhenti Menggunakan Facebook Membuat Orang Lebih Bahagia


Mayoritas orang pada saat ini selalu menyempatkan diri untuk mengupdate atau sekedar mengecek Facebook mereka dan jejaring sosial lainnya yang mereka miliki, mereka berfikir aktivitas tersebut bisa membuat mereka lebih bahagia karena bisa berinteraksi dengan orang lain di dunia maya. Namun pada kenyataannya berbanding terbalik, seperti studi terbaru yang dilakukan oleh Happiness Research Institute, dalam studi tersebut terungkap fakta bahwa berhenti menggunakan Facebook lah yang sebenarnya membuat kita lebih bahagia.

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 1095 pengguna Facebook. Setengah dari kelompok tersebut diminta untuk berhenti menggunakan Facebook selama seminggu, sementara setengah lainnya diminta untuk melakukan aktivitas mereka seperti biasanya. Menurut hasil penelitian ditemukan bahwa mereka yang berhenti menggunakan Facebook melaporkan bahwa mereka lebih puas dengan kehidupan mereka dan merasa lebih bahagia.

Peneliti juga menemukan bahwa mereka yang berhenti menggunakan Facebook merasa diri mereka lebih antusias, tidak mudah terpancing emosi, stres berkurang serta kehidupan sosial mereka pun menjadi lebih baik. Menurut peneliti hal ini dikarenakan ketika menggunakan Facebook mereka akan cenderung melihat hal-hal menyenangkan yang dibagikan oleh orang lain di Facebook, oleh karena itu orang yang rutin membuka Facebook akan fokus pada apa yang orang lain miliki dan membandingkannya dengan yang mereka miliki, serta terlalu banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas tersebut.

Tentu saja hal tersebut membuat pengguna Facebook menjadi depresi, oleh karena itu jika anda merasa jejaring sosial terlalu banyak menghabiskan waktu anda maka ada baiknya anda istirahat sejenak dari aktivitas tersebut. Dan rasakan apakah kehidupan anda terasa lebih baik setelah anda meninggalkan jejaring sosial anda.

Subscribe to receive free email updates: