Cara Agar Daya Batre Laptop Bertahan Lebih Lama

cara agar daya batre laptop bertahan lebih lama

Cara agar daya batre laptop bertahan lebih lama - Batre merupakan bagian paling penting pada sebuah laptop, tanpa adanya batre tidak mungkin laptop bisa digunakan terkecuali anda menghubungkannya dengan carger, namun tentu hal itu akan menghilangkan fungsi utamanya sebagai perangkat portable yang praktis.

Rata-rata sebuah batre laptop mampu bertahan sekitar 3-4 jam, namun karena satu dan lain hal banyak laptop yang tidak mampu bertahan sampai waktu tersebut. Oleh karena itu jika anda memiliki masalah seperti demikian maka tidak ada salahnya mengikuti metode sederehana berikut ini sehingga daya batre laptop anda bisa bertahan lebih lama.

1. Sesuaikan kecerahan layar

Kecerahan layar adalah faktor yang berkontribusi besar menghabiskan daya batre laptop. Anda bisa menyesuaikan ulang tingkat kecerahan layar pada laptop sesuai dengan kebutuhan, dan usahakan atur seminimal mungkin sehingga laptop bisa digunakan lebih lama.

2. Close aplikasi yang tidak digunakan

Ini adalah kebiasaan paling umum yang dilakukan banyak orang, membuka aplikasi tetapi tidak digunakan. Setiap aplikasi akan mengkonsumsi daya yang berbeda pada laptop dan jika daya semua aplikasi diakumulasikan maka tentu saja akan mengkonsumsi daya cukup besar, oleh karena itu bukalah aplikasi ketika akan digunakan saja.

3. Usahakan laptop tetap dingin

Ketika laptop menjadi panas hal ini akan membuat konsumsi daya lebih banyak, maka ada baiknya anda menggunakan Cooling Pad/Pendingin untuk membuat laptop anda pada temperatur yang seharusnya, namun usahakan pendingin tersebut berdaya rendah, karena jika tidak maka menggunakan pendingin pun akan percuma karena daya yang besar akan diserap oleh Cooling Pad.

4. Aktifkan Mute pada speaker

Speaker sebenarnya tidak terlalu banyak mengkonsumsi daya jika anda tidak memutar musik, namun dengan mengaktifkan Mute pada laptop anda maka aliran listrik pada speaker akan berhenti dan sedikit bisa menghemat daya batre laptop.

5. Gunakan mode Sleep atau Hibernate ketika laptop tidak digunakan

Ketika anda pergi keluar untuk membeli sesuatu atau ada keperluan lain dan meninggalkan laptop untuk beberapa saat maka ada baiknya anda gunakan mode Sleep, hal ini hanya akan memakan sedikit daya saja dan tentu akan menghemat daya pada laptop anda.

6. Lepas perangkat eksternal

DVD eksternal, HardDisk eksternal ataupun Flasdisk sebaiknya dilepas ketika anda sudah selesai menggunakan perangkat tersebut, ketika perangkat eksternal digunakan maka akan ada daya yang mengalir pada perangkat tersebut dan akan membuat batre laptop akan cepat habis.

7. Keluarkan DVD/CD

Hal ini berlaku ketika terdapat keping DVD/CD pada DVD Drive di laptop anda, ketika keping DVD/CD tersebut sudah tidak digunakan maka sebaiknya anda mengeluarkannya, DVD Drive membutuhkan daya yang banyak untuk membaca data dari keping DVD/CD, hal tersebut akan mempercepat habisnya daya pada batre laptop.

8. Teratur membersihkan laptop

Pastikan celah-celah udara pada laptop bebas dari debu, jika tidak maka debu-debu yang tersumbat di celah udara akan membuat komponen pada laptop cepat panas. Anda bisa membersihkan sendiri dengan kuas ataupun bisa menggunakan jasa toko komputer untuk membersihkan laptop anda.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak metode yang bisa digunakan untuk menghemat daya batre laptop, namun untuk saat ini cara tersebut sudah cukup karena terbukti mudah dalam penerapannya, selain itu cara-cara tersebut tidak seratus persen efektif karena ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti kapasitas batre, kondisi batre dll...

Subscribe to receive free email updates: