Cara Mengambil Uang di ATM BNI Terbaru Lengkap

cara mengambil tarik tunai uang di atm bni

Hampir semua orang dewasa memiliki akun rekening bank, mulai dari pekerja, mahasiswa, siswa menengah bahkan anak-anak pun sudah ada yang memiliki rekening bank. Hal tersebut tidak lain karena perkembangan zaman saat ini yang mendesak seseorang untuk memiliki rekening bank.

Pada dasarnya banyak fasilitas yang disediakan oleh pihak bank untuk memudahkan nasabahnya, salah satunya adalah ketersediaan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau umum disebut ATM.

Ketersediaan mesin ATM dari berbagai bank seperti BNI, BRI, BCA, Mandiri, Bjb, Maybank, Cimb Niaga dan yang lainnya tersebar di seluruh penjuru indonesia bahkan sampai ke daerah tentu memudahkan masyarakat untuk menarik tunai uangnya yang disimpan di bank, selain itu ketersediaan mesin ATM tersebut akan membuat distribusi uang tersebar ke seluruh pelosok indonesia.


Mesin ATM BNI, BRI, Mandiri dan mesin atm yang lainnya tersebut terhubung ke satelit dan merupakan produk dari kemajuan teknologi, namun karena sistem yang sudah berbentuk digital maka banyak pengguna baru yang cukup kebingungan dan kesulitan dibuatnya, padahal sebenarnya cukup mudah jika ingin menarik uang di atm karena memang pada sistem sudah tertera petunjuk pengambilannya. Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah mudah cara mengambil uang di atm, berikut adalah tutorialnya.


Namun sebelum mengambil uang di atm bni ada baiknya terapkan beberapa tips berikut agar pengambilan uang yang anda lakukan lebih aman dan lancar.


Tips aman mengambil uang di atm bni.


1. Ambil uang di siang hari atau atm yang ramai
Hal ini tidak lain adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Usahakan untuk mengambil uang di atm pada siang hari, jika memang mendesak harus mengambil uang pada malam hari maka pilihlah atm yang dekat dengan keramaian atau ajak orang terdekat untuk menemani anda mengambil uang pada malam hari.


2. Siapkan kartu atm di tangan anda
Ini tentu bersifat opsional untuk menyiapkan atm di tangan anda sebelum masuk ke ruang mesin atm. Hal ini untuk memangkas waktu anda berada di dalam ruang mesin atm agar tidak terjadi antrian yang lama di luar yang menunggu giliran untuk mengambil uang di atm. Antrian seperti ini sering terjadi di daerah-daerah yang padat dan hanya memiliki sedikit mesin atm.


3. Pastikan anda memasukan kartu dengan posisi yang benar
Terkadang banyak orang yang baru pertama kali mengambil uang di atm bingung bagaimana posisi kartu yang benar ketika akan memasukannya ke dalam mesin atm. Namun sebenarnya tidak perlu bingung, karena pada mesin atm di dekat lubang kartu biasanya terdapat gambar intruksi posisi kartu atm yang benar untuk dimasukan ke dalam mesin.


4. Tutupi area keypad dengan tangan ketika menginputkan PIN
Hal ini untuk mengantisipasi jika ada orang yang mengintip ketika anda menginputkan pin atau terdapat kamera tersembunyi yang sedang mengintai pin anda.


5. Cabut kartu sesegera mungkin setelah uang keluar untuk menghindari kartu tertelan
Tidak sedikit nasabah yang sibuk dengan uangnya setelah mesin mengeluarkan uang, hal ini sebaiknya dihindari. Biasanya setelah anda menginputkan jumlah uang pada mesin dan mesin mengeluarkan uang. 


Maka mesin akan memberikan instruksi apakah akan melakukam transaksi berikutnya, jika anda menginputkan "Tidak" maka mesin akan otomatis mengeluarkan kartu atm, dan anda harus segera mencabut kartu tersebut, jangan membiarkan kartu tersebut menempel pada lubang kartu, hal tersebut untuk mengantisipasi kartu tertelan oleh mesin atau bahkan anda lupa meninggalkan mesin atm tanpa mencabut kartu yang masih menancap di mesin atm.

6.  Hubungi call center atau security jika terjadi sesuatu
Terkadang banyak hal tidak terduga ketika kita mengambil uang di atm, seperti kartu yang tertelan dan sebagainya. Jika terjadi hal yang demikian maka yang harus anda lakukan pertama kali adalah tetap tenang, setelah itu yang harus anda lakukan adalah menelpon call center, biasanya nomor call center bank tertera pada mesin atm. Selain itu anda juga bisa menghubungi pihak security untuk meminta bantuan, namun jika security tersebut meminta nomor pin kartu atm anda jangan diberitahukan.


Tutorial mengambil uang di atm BNI, BRI, BCA, MANDIRI


Pada dasarnya cara mengambil uang di atm pada setiap bank nyaris sama, anda bisa mengimplementasikan cara-cara di bawah ini pada berbagai bank.


1. Masukan kartu ATM BNI, BCA, BRI atau Mandiri yang anda miliki pada mesin atm.


2. Kemudian akan muncul perintah untuk menginputkan pin. Inputkan "Pin ATM" anda.


3. Lalu pada layar akan muncul nominal uang untuk ditarik, jika anda ingin menarik uang lebih dari 1 juta maka anda pilih "Penarikan Jumlah Lain". Lalu inputkan nominal yang ingin anda ambil. Kemudian tekan "Benar" jika nominalnya sudah sesuai.


4. Mesin atm akan segera memproses dan akan mengeluarkan uang. Setelah itu akan muncul instruksi pada layar mesin atm apakah anda akan ingin melakukan transaksi lainnya. Pilih "Ya" jika anda ingin melakukan transaksi lainnya dan pilih "Tidak" jika tidak ingin melakukan transaksi lagi, jika anda memilih "Tidak" maka kartu akan mengeluarkan kartu atm dan segera cabut kartu tersebut dari mesi atm.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rata-rata pada setiap bank memiliki metode yang sama dalam melakukan penarikan uang di mesin atm, anda tinggal mengikuti instruksi yang muncul pada layar mesin atm. Itu saja penjelasan mengenai bagaimana cara mengambil dan tarik tunai di mesin atm bank bni, bri, bca, mandiri, bjb, cimb niaga dan bank lainnya.


Subscribe to receive free email updates: